#Day1 - Mempelajari Adobe XD

Pengalaman Mempelajari Adobe XD - Hari Pertama

Tahun baru, resolusi baru.

Akhirnya niat untuk belajar Adobe XD muncul juga. Walaupun bisa dibilang telat banget sih.

Yah.. daripada tidak pernah belajar sama sekali.

Awalnya aku gatau kalau Adobe XD ini bisa digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya ataupun masuk dalam mode trial.

Jadi, aku download lah program nya dari GetintoPC, dan berhasil sih terinstal.

Tapi, pas mau nyoba masang extension, malah muncul notifikasi internet tidak tersambung.

Padahal internet ku terkoneksi dengan normal.

Setelah keliling mencari cara menginstal extension adobe XD secara offline, akhirnya saya gagal 😅

Aku kembali membuka halaman download di GetintoPC, lalu mulai membaca kolom komentar disana.

Dan hasilnya..

Semua pengguna Adobe XD hasil dari GetintoPC, semuanya tidak bisa mendownload extension.

Padahal extension di Adobe XD bisa dianggap sebagai belahan jiwa dari Adobe XD itu sendiri.

Bayangin, kamu bisa menambahkan desain icon hingga vector hanya dengan drag & drop ke dalam artboard saja.

Semudah itu..

Bahkan, Adobe Illustrator tidak semudah ini.

Oke, lanjut..

Setelah berfikir sebentar, aku ingat kalau dulu teman SMK pernah bilang kalau Adobe XD itu gratis.

Tapi, aku masih ragu-ragu.

Biar ragunya hilang, akhirnya aku mencoba download langsung dari website aslinya.

Dan ternyata berhasil dengan lancar. 😎

Walau perlu waktu sekitar 15 menit untuk proses instalasi nya dan sekali proses restart PC, tapi hasilnya sama sekali tidak mengecewakan.

Notifikasi internet tidak tersambung yang muncul sebelumnya, sudah tidak muncul lagi. Akhirnya..

Setelah itu, aku mulai membiasakan diri dengan tool-tool yang tersedia serta menelusuri discover plugin untuk mencari plugin-plugin aku ekspetasikan kedepannya akan sangat membantu dalam mendesain website maupun yang lainnya.

Oiya, ini karya pertama ku yang menggunakan Adobe XD:

Saliwah with Glassmorphism

Gambar diatas adalah tampilan website yang mengusung desain Glassmorphism. Salah satu UI desain yang sedang 'Viral' di kalangan desainer aplikasi dan website.


Itulah pengalamanku di hari pertama aku mengunduh dan belajar menggunakan Adobe XD.

Semoga kedepannya, niat belajar ku tidak tiba-tiba hilang 🙈

Rencanaku sih, di hari-hari berikutnya, aku ingin membuat desain antarmuka untuk device smartphone.

Doakan hasilnya menarik dan enak dilihat ya 🤙